Senin, 21 Juni 2010

Mencegah Masuknya Virus Komputer

Seringkali kita memang pernah dibuat pusing oleh kawanan virus komputer. Tetapi sekarang Anda tidak perlu was-was. Ada sebuah tip untuk mencegah masuknya virus ke komputer atau laptop kamu. Namun dalam melakukan tip ini Anda harus hati-hati. Karena apabila salah, bisa berakibat fatal. Kita akan memanfatkan fitur yang dimiliki Windows XP untuk mencegah aplikasi dijalankan pada drive tertentu, misalnya flashdisk atau hardisk eksternal lainnya.
Biasanya ketika flashdisk dicolok ke port USB komputer atau laptop, apabila didalamnya ada file aplikasi, bisa langsung jalan/run. Hal tersebut sangat terbuka kemnungkinan bahwa file aplikasi tersebut adalah sebuah virus. Hehehehe………..

Untuk itu, harus ada pencgahnnya. Caranya sebagai berikut:

1.Buka Control Panel > Klik Administrative Tools.
2.Kemudian klik dua kali Local Security Policy.
3.Selanjutnya klik kanan pada Software Restriction Policies. Lalu klik Create New Policies.
4.Lalu klik kanan Additional Rules > New Path Rule.
5.Pada kotak Path, ketik drive yang biasa digunakan oleh flashdisk. Jika biasanya flashdisk ada di drive F, ketik F:\. Lalu, pada bagian Security Level, pilih Disalowed.

Hati-hati: jangan sampai mengetik drive C atau drive tempat menginstal sistem operasi. Jika drive tersebut dipilih, saat restart sistem operasi tidak akan jalan lho…

6.Klik Ok.

Setelah komputer restart, aplikasi yang ada di flashdisk tidak akan dijalankan secara otomatis, sehingga komputer atau laptop Anda aman dari serangan virus yang muncul tanpa Anda sadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar